Berita
Pemkot Cirebon Tuntaskan Pembangunan Jalan, Warga Terbantu Program Sapa Warga
CIREBON – Program pembangunan infrastruktur di Kota Cirebon terus menunjukkan hasil nyata. Wali Kota Cirebon, Effendi Edo, menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah ada 134 jalan lingkungan yang selesai dibangun. Selain itu, 20 dari 28 ruas jalan utama juga telah rampung dan ditargetkan seluruhnya tuntas tahun ini. Pembangunan saluran air pun dilakukan sebagai upaya mencegah banjir saat musim hujan tiba.
Capaian tersebut disampaikan Wali Kota saat menghadiri kegiatan Sapa Warga di Jalan Kalitanjung, Lemahabang, Harjamukti, Sabtu (4/10/2025). Program yang digelar Pemkot Cirebon ini menghadirkan berbagai layanan publik secara langsung di lingkungan warga, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, pengurusan BPJS, konsultasi keluarga, hingga layanan SIM dan Samsat Keliling.
Warga yang hadir merasa sangat terbantu karena urusan administratif bisa dituntaskan tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor pelayanan.
Wali Kota menyampaikan bahwa Pemkot Cirebon ingin memastikan bahwa pelayanan publik hadir di tengah masyarakat.
"Selain infrastruktur, kami juga mengajak seluruh warga menjaga lingkungan bersama-sama, terutama menjelang musim hujan. Jangan buang sampah ke sungai, manfaatkan bank sampah, dan mari rutin kerja bakti," ujarnya.
Tidak hanya itu, jika masyarakat membutuhkan alat atau bantuan untuk kerja bakti, Pemkot siap melalui perangkat daerah terkait.
Wali Kota juga mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan layanan darurat 112 dan 119 yang dapat diakses kapan saja.
“Ini penting agar masyarakat merasa aman, cepat ditangani bila ada kondisi darurat,” tambahnya.
Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Ia mengapresiasi program Sapa Warga yang menurutnya mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung
“Berbagai keluhan mulai dari kesehatan, perizinan, hingga pelayanan administrasi dapat diselesaikan segera di tempat, tanpa biaya tambahan dan tanpa berbelit-belit. Ini menunjukkan bahwa Wali Kota benar-benar mengerti apa yang menjadi kendala warga,” ungkap Dave.
Dave menilai program seperti ini menjadi contoh baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung langkah menuju Indonesia Emas 2045.
“Kemajuan hanya bisa diraih dengan pemerintah yang mau terjun langsung ke masyarakat. Insya Allah, Kota Cirebon akan semakin maju,” harapnya.
Dokumentasi : Beni Agus Pratama, Devi Triya Andriyani, Dede Sofyan Hadi
Pengolah Informasi : Mike Dwi Setiawati
Narahubung: Admin Prokompim (082120387359)
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kota Cirebon
Jalan Siliwangi No. 84, Kota Cirebon, 45124
Instagram: @prokompimkotacirebon
Warga yang hadir merasa sangat terbantu karena urusan administratif bisa dituntaskan tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor pelayanan.
Wali Kota menyampaikan bahwa Pemkot Cirebon ingin memastikan bahwa pelayanan publik hadir di tengah masyarakat.
"Selain infrastruktur, kami juga mengajak seluruh warga menjaga lingkungan bersama-sama, terutama menjelang musim hujan. Jangan buang sampah ke sungai, manfaatkan bank sampah, dan mari rutin kerja bakti," ujarnya.
Tidak hanya itu, jika masyarakat membutuhkan alat atau bantuan untuk kerja bakti, Pemkot siap melalui perangkat daerah terkait.
Wali Kota juga mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan layanan darurat 112 dan 119 yang dapat diakses kapan saja.
“Ini penting agar masyarakat merasa aman, cepat ditangani bila ada kondisi darurat,” tambahnya.
Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Ia mengapresiasi program Sapa Warga yang menurutnya mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung
“Berbagai keluhan mulai dari kesehatan, perizinan, hingga pelayanan administrasi dapat diselesaikan segera di tempat, tanpa biaya tambahan dan tanpa berbelit-belit. Ini menunjukkan bahwa Wali Kota benar-benar mengerti apa yang menjadi kendala warga,” ungkap Dave.
Dave menilai program seperti ini menjadi contoh baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung langkah menuju Indonesia Emas 2045.
“Kemajuan hanya bisa diraih dengan pemerintah yang mau terjun langsung ke masyarakat. Insya Allah, Kota Cirebon akan semakin maju,” harapnya.
Dokumentasi : Beni Agus Pratama, Devi Triya Andriyani, Dede Sofyan Hadi
Pengolah Informasi : Mike Dwi Setiawati
Narahubung: Admin Prokompim (082120387359)
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kota Cirebon
Jalan Siliwangi No. 84, Kota Cirebon, 45124
Instagram: @prokompimkotacirebon
Terkini
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon Raih Penghargaan Person of the Year 2025
18 Desember 2025
Pemkot Cirebon Dorong Ekosistem Ramah Disabilitas dan Kesejahteraan Sosial
18 Desember 2025
Pemkot Cirebon Tingkatkan Kapasitas Guru Ngaji, Bentuk Generasi Berakhlakul Karimah
18 Desember 2025
Perkuat Kolaborasi, Pemkot Cirebon Dukung MBG untuk Pemenuhan Gizi dan Perputaran Ekonomi
18 Desember 2025
Wujudkan Ekonomi Inklusif, Pemkot Cirebon Fokus Sektor Unggulan dalam RKPD 2027
17 Desember 2025
Terpopuler
DP3APPKB Kota Cirebon Wujudkan Lingkungan Kerja BERSINAR (Bersih Narkoba)
29 Oktober 2025
Pemkot Cirebon Tandatangani MoU SCLSC, Wujudkan Industrialisasi Pertanian untuk Kurangi Kemiskinan
20 Agustus 2025
Sambut Kunjungan Dankodaeral III TNI AL, Wakil Wali Kota: Sinergi dengan TNI AL Kunci Ketahanan Maritim
20 Agustus 2025
HUT ke-80 RI: Wali Kota Cirebon Ajak Warga Isi Kemerdekaan dengan Kerja Keras, Cerdas, dan Ikhlas
17 Agustus 2025
Wali Kota Ajak Warga Manfaatkan Program Diskon PBB, Langkah Nyata Pemkot Cirebon Perkuat Komitmen Pro-Rakyat
19 Agustus 2025